Sunday, July 10, 2011

TEMPAT WISATA DI MADURA

Berwisata adalah alternative jitu untuk menghilangkan penat dan jenuh setelah sekian lama sibuk dengan aktifitas-aktifitas. Dengan berwisata kita akan menemukan insting dan ide baru mengembangkan daya imajinasi kita. Dengan memandangi rerumputan yang hijau, laut yang terbentang luas, tumbuh-tumbuhan yang rindang membuat kita rileks. Maka tidak jarang beberapa orang rela menghabiskan jutaan rupiah untuk sekedar mendapatkan menghilangkan penat dan jenuh, serta suasana baru yang lebih rileks.
tempat wisata di bangkalan 300x175 Wisata Madura
Wisata Madura

Banyak orang yang bisa hidup dan menghidupi keluarganya hanya dengan menawarkan paket wisata. Mulai dari wisata laut, pantai, gunung dan lain sebagainya. Sebab, paket wisata adalah market bisnis yang prospektif, melihat banyaknya orang-orang yang selalu sibuk dengan pekerjaan dan aktifitasnya, yang tentunya nanti akan membutuhkan suasana dan waktu rileks tersendiri untuk mengembalikan daya pikir dan imanjinasinya.
Mengingat hal itu, maka Pulau Madura yang penuh dengan objek wisata alam dan tempat-tempat bersejarah sudah mulai dilirik oleh investor-investor asing dan lokal. Apalagi, masyarakat Madura dikenal memiliki karakter dan corak kehidupan yang berbeda dari lainnya. Sehingga lebih menarik bagi wisatawan untuk lebih jauh mengenal dan mengkaji masyarakat Madura, yang notabene mayoritas santri. Apalagi sebentar lagi, jembatan Suramadu akan segera selesai.
Dengan ekosistem dan lingkungan yang alami, wisata Madura menjadi alternative tersendiri bagi kelangsungan masyarakatnya. Sebab, wisata Madura mempunyai market bisnis tersendiri di mata pebisnis.
Oleh sebab itu, sebelum semuanya pindah dan dikelola oleh pihak lain, alangkah baiknya bila wisata Madura dikelola oleh masyarakat Madura sendiri. Sebab kapan lagi kita akan merubah nasib kehidupan masyarakat kita, kalau tidak sekarang ?
Tempat-tempat wisata di Madura antara menjadi sorotan para wisatawan adalah :
Di Bangkalan, ada makam raja air mata, pantai siring kemuning, pantang rongkang, dan lain-lain.
Di Sampang, ada pantai camplong, masjid agung sampang, waduk banyuates dan tugu sampan. Sedangkan di Pamekasan ada Api tak kunjung padam, batu ampar, tugu arek lancor.
Sumenep, mempunyai tempat wisata dan situs-situs bersejarah yang lebih dari ke-3 kabupaten di atas. Keraton Sumenep, Pantai lombang, Pantai slopeng, Asta Tinggi, dan lainnya. Silahkan klik di sini untuk tempat wisata dan situs sejarah di Sumenep.

Berikut Daftar tempat-tempat wisata di Madura yang bisa kita kunjungi:
1. Daftar Tempat-tempat Wisata di Bangkalan :
  • Makam Pasarean Syaichona Kholil (Selalu ramai dikunjungi wisatawan dari luar Pulau Madura)
  • Aer Mata Ibu di Arosbaya (Makam Para Raja Ratusan Tahun Silam)
  • Pantai Siring Kemuning ( di Kecamatan Tanjung Bumi )
  • Pantai Rongkang ( di Kecamatan Kwanyar Barat )
  • Pantai Sembilangan ( dengan mercusuar peninggalan belanda )
  • Sentra Kerajinan Batik Madura di Tanjung Bumi (sudah terkenal hingga ke Luar Negeri dan seringnya diekspor)
  • Sumber Mata Air Kolla Langgundih ( tetap Tawar meski di dekat laut, dan tidak pernah kering meski di puncak Kemarau)
  • Taman rekreasi Kota ( dengan Danau plus Perahu Motornya dan Kolam tempat Mancing sepuasnya )
  • Bukit Geger (wisata alam dan hutan, terdapat 5 goa bersejarah, situs kuno)

2. Daftar Tempat-tempat Wisata di Sampang :

  • Pantai camplong ( di pinggiran Jalan Raya Utama Sampang, lengkap dengan Hotel, Rumah makan dan Kolam Renangnya )
  • Pantai Nipah ( masih tetap perawan dan jarang di explore oleh manusia, banyak dihuni oleh sekawanan Kera )
  • Air Terjun Toroan ( mengucurkan air langsung ke pantai Laut Jawa, masih perawan )
  • Makam Ratu Ebu di Madegan
  • Waduk Klampis di Kecamatan Kedundung
3. Daftar Tempat-tempat Wisata di Pamekasan :
  • Api Abadi atau Api Tak kunjung Padam, Lebih menarik saat Malam dengan bara Apinya ( pernah menjadi tempat pengambilan API PON (Pekan Olaharaga Nasional) tahun 1992 )
  • Makam para Raja dan Ulama ( makam Keramat Pasarean Batu Ampar )
  • Pantai Talang Siring, dengan potensi hasil lautnya berupa ikan teri, petis, dan rumput laut yang menjanjikan ( Masih Perawan Tuh, ” Ada Yang Mau Berinvestasi disana ? ” )
  • Pantai Jumiang ( ini juga masih Perawan, belum ada Perusahaan Pengembang yang menjamahnya, ” Anda Mau jadi pengembangannya ? ” )
  • Goa Gentong ( terdapat lembah Ngarai di luarnya; STALAGTIT dan STALAGMIT di dalam Goa nya )
  • Arena Pancing di Pelabuhan Branta ( Tlanakan )
  • Bumi Perkemahan dan Agro Wisata di Perbukitan Waru Timur (pagentanan)
  • Keindahan Monumen Arek Lancor Di malam hari (terletak di pusat kota/Alun-alun Kota Pamekasan)
  • Vihara Avalokitesvara, Vihara Terbesar Kedua di Pulau Jawa (terletak di Kecamatan Galis, berdekatan dengan pantai Talang Siring)
  • Agro Wisata di Desa Klampar
4. Daftar Tempat-tempat Wisata di Sumenep :

  • Musium Keraton Sumenep (satu-satunya Keraton dengan bukti sejarah paling lengkap dan terawat baik, asli dan tanpa polesan, mengalahkan keraton jogja dan solo )
  • Pantai Lombang ( Dihiasi dengan deretan Pohon Cemara Udangnya, hanya terdapat di indonesia dan cina)
  • Pantai Slopeng ( selalu ramai dengan wisatawan yang mandi pada hamparan pantai dengan pasir putihnya )
  • Makam Para Raja Asta Tinggi ( Makam Para Raja ratusan tahun silam ) dan Asta Yusuf Talango
  • Keindahan dan Kemegahan Bangunan Masjid Agung Sumenep yang dibangun tahun 1763 (setelah pembangunan keraton sumenep)
  • Island Resort ( wisata kepulauan dengan deretan pulau nan indahnya sejak dari pulau kangean, sapudi, raas, puteran, gili labak, mamburit, genteng, gili iyang, pulau raja, dll)
  • wisata pulau juga terkenal dengan Ayam Bekisar dengan warna-warni nan eksotik (hasil penyilangan ayam hutan dengan ayam kampung) dan ukiran kayu Jati buat buah tangan.
  • Taman Wisata Pulau Mamburit ( bagi wisatawan yang hobi Menyelam dan menikmati keindahan alam bawah Laut, selain itu digunakan untuk wind surfing berskala nasional dan Internasional)
  • Panorama Taman Laut Pulau Gili Labak, terletak antara Pulau Gili Genting dan Pulau Puteran ( biasa digunakan untuk olahraga Bahari, Selam Dasar ( Snorkling/ diving ), dan Selam Profesional ( scuba diving )
Wisata Kerapan Sapi dan Sapi Sonok
Untuk melihat Kerapan Sapi tidak bisa tiap saat. biasanya untuk Lomba Karapan Sapi tingkat Kawedanan/ kecamatan diadakan bulan Agustus-September.
untuk tingkat Kabupaten diadakan pada bulan September-Oktober. Untuk Tingkat Pembantu Gubernur/ Se-Pulau Madura (memperebutkan Piala Presiden RI, yang biasanya disebut “Kerapan Sapi Gubeng” ) bertepatan dengan Bulan Oktober-Nopember.
Selain itu, acara Acara Kerapan Sapi juga bisa bersifat insidental, tergantung permintaan Empunya Yang punya Hajatan.
Untuk Lomba Sapi Sonok, biasanya hanya untuk mengawali acara Lomba Karapan Sapi dan acara-acara besar lainnya.
Aku rasa cukup dulu postingku tentang Daftar Tempat-tempat wisata di Madura. apabila ada yang kurang, mohon ditambahkan ya ! Makasih.. :)
Untuk selanjutnya, aku pengin Posting tentang Daftar Rumah Penginapan dan Hotel di Madura. Mulai dari Daftar Hotel-hotel di Bangkalan, Hotel-hotel di Sampang, Hotel-hotel di Pamekasan, hingga Hotel-hotel di Sumenep.
Update: silahkan klik link ini untuk membaca info lengkap Rumah Penginapan dan Hotel di Madura
source : pulaugaram.com

2 comments:

  1. Mau liburan Grup / Privat, harga backpacker,
    kami melayani : Gili Labak - Batu - Malang Selatan - Banyuwangi - Lumajang - Rafting - Bromo - Gunung Kidul - Jogja - Bali Dll...

    Silahkan hub.
    081235618281 / 085730077308
    54E0B52 / 7ECC7D00
    www.halo-indonesia.com

    ReplyDelete
  2. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete