Saturday, June 11, 2011

10 Mobil Terbaik dunia

VIVAnews - Majalah milik lembaga konsumen Amerika Serikat, Consumer Reports, bulan ini mengeluarkan 10 model mobil-mobil terbaik di kelasnya. Lembaga itu telah menguji di laboratorium miliknya, di kota Yonkers, tidak jauh dari New York.

Consumer Reports mengkategorikan mobil-mobil itu dalam beberapa jenis. Namun, dari jenis-jenis itu, Consumer Reports mengeluarkan kategori terbaik dari semuanya. Berikut beberapa mobil yang masuk dalam 10 Mobil Terbaik Consumer Reports, seperti dilansir CNN, Kamis 25 Februari 2010.

1. Kategori Terbaik Keseluruhan: Lexus 460L
Toyota memang telah diguncang isu penarikan mobil (recall) besar-besaran. Tidak hanya di Amerika, tapi hampir di sebagian besar dunia. Mulai masalah pedal gas yang lamban kembali normal, masalah rem, hingga masalah karpet yang lengket. Masalah ini membuat jutaan mobil Toyota harus ditarik.

Meski dalam masalah, sejumlah karyawan Toyota divisi mobil mewah, Lexus, membuat maha karya yang nyaris sempurna. Bahkan dari seri 460L, Consumer Reports memberi poin hingga 99 untuk skala 100 poin.

Dalam deretan mobil terbaik ini, Toyota sederet mobil lain yang direkomendasikan Consumer Reports.

Nissan Altima2. Kategori Sedan Keluarga: Nissan Altima
Setelah melewati perubahan pada 2010, telah membawa Altima sebagai mobil terbaik untuk kategori sedan keluarga. Consumer Reports menyatakan, Altima menawarkan keseimbangan yang menarik antara kenyamanan, kinerja, dan bahan bakar yang irit di kelasnya.




Hyundai Elantra3. Kategori Sedan Kecil: Hyundai Elantra SE
Elantra SE memiliki standar Electronic Stability Control. Teknologi ini terbukti bisa menyelamatkan penumpang saat kecelakaan. Teknologi ini tidak ditemukan mobil-mobil sekelasnya. Ketersediaan ESC adalah faktor utama masuknya Elantra dalam jajaran mobil-mobil terbaik Consumer Reports.




Golf VI GTI4. Kategori Mobil Sporty: Volkswagen GTI
GTI merupakan versi tuned-up dari VW Golf hatchback. Dia memiliki mesin turbo empat silinder dengan kekuatan 200 tenaga kuda. Selain tenaga, mobil ini juga berorientasi pada kinerja suspensi. Consumer Reports menyebut GTi sebagai mobil yang menyenangkan untuk dikemudikan dan memudahkan menemani hidup.


Subaru Forester5. Kategori SUV Kecil: Subaru Forester
Consumer Reports menyatakan, Forester menyediakan pengalaman yang paling menarik saat berkendara dengan SUV mana pun. Bahan bakar yang ekonomis tak membuat akselerasi yang lambat.

Consumer Reports sebenarnya telah memilih Toyota RAV4 untuk menduduki posisi ini. Namun Consumer Reports menangguhkan sementara dengan alasan adanya rekomendasi penghentian penjualan dan penarikan kembali mobil itu dari  Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (IIHS).


Chevrolet Traverse
6. Kategori SUV Keluarga: Chevrolet Traverse
Kendaraan yang lega akan menyenangkan keluarga dalam perjalanan panjang. Kelapangan kabin ini dimiliki Traverse. Atas pertimbangan ini, Consumer Reports memenangkan Traverse.

Lagi-lagi sebenarnya pemenangnya bukan Traverse, tapi Toyota Highlander. Karena adanya rekomendasi penghentian penjualan dari IIHS, Consumer Reports menangguhkan kemenangan ini.


Toyota Prius7. Kategori Mobil Ramah Lingkungan: Toyota Prius
Tujuh tahun berturut-turut Prius memenangkan mobil ramah lingkungan (mobil hijau). Pemenang kali ini merupakan Prius versi redesain baru. Selain bahan bakar yang luar biasa irit, keunggulan Prius menurut Consumer Report adalah lapang, menyenangkan untuk dikemudi, aman, dan dapat diandalkan.

Meski Prius menjadi salah satu mobil yang bermasalah, tidak ada rekomendasai pemutusan penjualan. Sehingga Consumer Reports memungkinkan mempertahankan rekomendasi mobil ini.


Infiniti G378. Klategori Sedan Sport: Infiniti G37
Ini merupakan tahun ke empat Infiniti memenangkan kategori ini. Sedan keluaran Nissan untuk kelas premium ini menyediakan kombinasi yang menarik, gesit, penanganan, dan akselerasi yang bagus. Consumer Reports juga menyatakan, mobil ini bisa menemani perjalanan dengan nyaman karena dilengkapi interior kelas tinggi.



Mazda59. Kategori Mobil Penumpang: Mazda5
Minivan Mazda5 memiliki tiga baris kursi. Mobil yang tidak terlalu besar membuat bahan bakar-efisien dan mudah melakukan manuver. Penilaian Consumer Reports mobil ini lincah dan membuat perjalanan yang nyaman.





Chevy Silverado
10. Kategori Pickup: Chevrolet Silverado
Silverado merupakan pickup dengan kualitas interior yang sangat baik, terutama pada versi akhir.

hadi.suprapto@vivanews.com

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment